blog visitors

"Tomb Raider" Akan Berkunjung Ke AMIKOM

Pada bulan ini, STMIK AMIKOM akan kedatangan Ian Livingstone, pencipta game dunia Tomb Raider dan Hitman. Rencananya Ian Livingstone akan mengisi acara DJUS(Digital Joint Update Session) yang rencananya akan diadakan pada Jumat, 24 September mendatang di STMIK AMIKOM Yogyakarta. Acara ini ditujukan untuk masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya yang terdiri dari pelaku usaha mula dan calon pengusaha kreatif digital, mahasiswa dan akademisi di Yogyakarta.

Acara ini akan diisi dengan presentasi dan inspirasi dari Ian Livingstone mengenai pengalamannya dalam membangun kerajaan bisnis kreatif dari intelektual propertinya. Pada acara DJUS ini juga akan diadakan Pitching Session, yaitu presentasi singkat lima karya kreatif digital(game atau animasi) nasional yang mana selanjutnya akan diberikan umpan balik oleh Ian Livingstone. Acara ini dikemas dengan tema Learn From The Creative Business Lord: How Ian Livingstone Build His Creative Empires.

Dalam rangkaian kegiatan di Yogyakarta ini, Ian Livingstone juga akan diajak melakukan beberapa kegiatan lain:

  • Kunjungan ke Candi Borobudur, menunjukkan kekayaan budaya Indonesia sehingga diharapkan dapat menjadi inspirasi karyanya
  • Kunjungan game developer dan animator local dengan segala keunikannya (berlokasi di rumah kos, fasilitas minimal, karya berkualitas) untuk menunjukkan kemampuan game developer dan animator lokal sehingga diharapkan dapat terjadi kolaborasi dan kerjasama di masa depan.



Profil Ian Livingstone


Ian Livingstone merupakan legenda di dalam industri game dunia dan kerap disebut sebagai bapak permainan interaktif Inggris. Gelar itu disandangnya karena membesarkan Industri permainan Inggris sejak 35 tahun yang lalu. Saat ini, selain menjadi executive puncak di game publisher Eidos, Ian juga salah satu juru bicara Industri Game Inggris.

Riwayat Ian menginspirasi banyak orang bukan hanya di dunia game, tapi meluas sampai Industri kreatif lain seperti film dan animasi. Selain karena bukti kesuksesannya, riwayat Ian menjadi inspiratif karena mengalami naik turun, bahkan pernah hidup dalam keadaan sulit selama beberapa tahun demi mengejar passion-nya.

Ian mengawali karir saat permainan belum marak dengan teknologi seperti sekarang, Saat itu perusahaan yang didirikannya, Games Workshop meluncurkan miniature games Dungeon & Dragon di Inggris dan Eropa. Permainan itu menjadi cikal bakal dari role playing game saat ini.

Bersama partnernya, ia kemudian menerbitkan majalah dan seri buku interaktif berjudul Fighting Fantasy yang sukses terjual 15 juta kopi dalam 23 bahasa.

Ian masuk ke dunia video games tahun 1992 sebagai executive di games publisher Domark, yang akhirnya melakukan merger menjadi Eidos, salah satu video game publisher terbesar dunia yang mengeluarkan serial ikon game dunia Tomb Raider dan Hitman.

Tomb Raider dan Hitman akhirnya menjadi franchise yang sukses hingga beberapa sekuel, serta merambah ke industri film Box office Hollywood. Keduanya adalah puncak kesuksesan Ian di Industri kreatif ini./dstanza